Cara Mudah Memperbaiki Android yang Sering Ngelag, Error, Hang dan Macet

COPYCARA – Smartphone android merupakan ponsel yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya, dan hampir semua kalangan sudah memakai HP jenis tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Android adalah sistem yang memakai platform terbuka, maksudnya para pengguna smartphone ini dapat menciptakan aplikasi yang mereka inginkan, sehingga kamu bisa dengan mudah memasangkan berbagai aplikasi pada ponsel android tersebut. Dengan adanya segudang keunggulan yang terdapat pada android ternyata tidak menutup kemungkinan kalau android ini bisa terlepas dari berbagai masalah, dan salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna ialah android tersebut mengalami Hang, Lelet/Lemot, Lag, Macet, dan yang lebih parahnya ada juga kasus android ini sampai Error sehingga tidak bisa kita gunakan secara normal. Terjadinya permasalahan seperti ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena virus yang sudah menyerang sistem android, masa penggunaan dari smartphone android itu sendiri yang mungkin sudah terlalu lama, atau mungkin juga GPU dari smartphone tersebut yang kurang baik.


Ada beberapa factor yang dapat menyebabkan ponsel macet seperti pemaksaan kinerja dalam hal ini mungkin isi / kapasitas ponsel melebihi spesifikasi ponsel tersebut.

Cara Mudah Memperbaiki Android yang Sering Ngelag, Error, Hang dan Macet :

1. Hapus Cache & History di Browser Anda

Cache dan history yang terlalu banyak bisa juga membuat ponsel lemot, tentunya dapat memperlambat kinerja browsing dan juga dapat menghambat anda dalam mengakses internet. Cobalah hapus semua cache dan history pada browser anda agar kinerja browser maupun ponsel dapat membaik.

2. Kenali Spesifikasi Ponsel Anda

Mengapa mengenali spesifikasi itu penting ? karena spesifikasi seperti memperkenalkan isi / kapasitas hp itu sendiri jika kita paham dan juga memakai panduan spesifikasi ponsel kita tidak akan melebihi kapasitas dan jika tidak melebihi kapasitas tentu saja ponsel menjadi seimbang dan tidak terlalu berat untuk berkinerja.

3. Menghapus Aplikasi & Game yang tidak terlalu penting

Seperti yang sudah kita bahas pada poin sebelumnya, pahami spesifikasi. Jika memang ponsel anda sudah kelebihan muatan maka yang harus dilakukan adalah hapus aplikasi / game yang tidak terlalu dibutuhkan dengan menghapus aplikasi maka mengurangi ruang pada ponsel sehingga kinerja mungkin akan lebih membaik karena ponsel menjadi lebih seimbang.

4. Update Sistem Operasi Android

OS juga bisa berpengaruh terhadap ponsel, bayangkan saja lebih nyaman menggunakan versi lawas / baru ? tentunya baru bukan ? Jika ponsel anda lemot dan beberapa cara diatas sudah dilakukan tetapi belum ampuh juga silahkan update OS android anda siapa tau kinerja ponsel bisa menjadi lebih membaik.

5. Factory Reset / Reset Ulang / Reset Pabrik

Ini adalah cara terakhir yang terampuh untuk dilakukan kegunaan factory reset adalah mereset hp seperti pada keadaan saat pertama kita membelinya. Tentunya saat hp kita baru masih ringan bukan ? Jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil silahkan coba cara ini saya yakin bahwa ponsel menjadi lebih baik dan tentunya seperti baru lagi.

6.Terdapat Virus atau Malware

Virus memang sangat rentan menyerang sistem android, terlebih jika kalian memang seseorang yang gemar mengunduh aplikasi dari pihak ketiga mungkin HP anda akan lebih mudah terserang virus. Masuknya virus memang tidak bisa kita lihat, akan tetapi hanya berupa dampaknya saja seperti lag, atau hang. Dan biasanya akan muncul iklan-iklan yang menutup layar dari sumber yang tidak kita ketahui.

Sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi anda semua dan Terima Kasih

Tag : ANDROID
Back To Top