7 Tips Merawat Lensa Kamera Tetap Awet dan Bebas Jamur

COPYCARA – Tips Merawat Lensa, Penyakit pada lensa kamera yang paling sering melanda penggemar fotografi adalah munculnya bercak atau kotoran menyerupai jamur baik dalam ukuran kecil sampai ukuran besar termasuk yang menyerupai kabut (fog) pada tingkat terparah, Akibatnya hasil jepretan kamera menjadi tidak maksimal.


Mulai dari sulit untuk melakukan fokus, gambar blur, sampai terdapat noda terutama ketika membidik menggunakan diafragma kecil. Sebuah lensa ibarat mata bagi kamera DSLR. Bagian inilah yang akan menangkap cahaya. Yang pertama kali menerimanya. Agar tetap maksimal diperlukan metode atau perlakukan khusus dalam perawatannya. Beragam kerusakan lensa secara umum disebabkan oleh kesalahan penggunaan atau perawatan dari si pemakai. Tentu juga faktor-faktor non teknis lainnya. Nah guna memperpanjang usia lensa, berikut tips merawat lensa kamera yang dapat anda jadikan rekomendasi teman -teman.

1. Hindari Sentuhan

Hindari kontak langsung atau menyentuh bagian optik lensa dengan jari atau tangan. Hal ini penting, karena bagian tubuh seperti tangan cenderung lembab. Jika dibiaran menyentuh area ini, akan meninggalkan bekas noda yang lama-kelamaan dikhawatirkan akan tumbuh jamur di sana. Selain itu ganti atau bongkar pasang lensa di tempat yang tidak berdebu.

2. Hindari Pergantian Suhu Ekstrim

Begini ilutrasinya. Anda baru saja memotret di tempat dengan suhu yang tinggi, misal kawah gunung berapi, lantas dari sana anda langsung menuju daerah yang bersuhu dingin atau sejuk. Atau sebaliknya. Hal ini rentan akan menimbulkan tumbuhnya jamur. Siapkan tas khusus plus sarung tas anti hujannya. Bila perlu siapkan dry box.


3. Gunakan Kain Pembersih

Jika anda hendak membersihkan bagian lensa, sebaiknya gunakan lap kain berbahan khusus yang lembut. Jangan gunakan tisu yang biasa digunakan untuk perawatan tubuh. Karena tisu tersebut cenderung bertekstur kasar sehingga dikhawatirkan menimbulkan baret halus pada permukaan kaca optik.


4. Selalu pasang Caps/ Penutup.

Saat tak digunakan pasang lah penutup lensa agar lebih aman.


5. Pasang Filter

Penggunaann filter pada ujung lensa memberikan dampak yang baik agar lensa terhindar dari debu serta mengamankan permukaan optic dari benturan benda-benda. Gunakan filter ultra Violet yang bersifat netral.

6. Matikan Tombol AF dan VR

Gunanya adalah,  agar jika ring fokus berputar secara tidak sengaja akibat benturan, maka hal itu tidak akan memberi pengaruh / merusak terhadap kinerja motorik yang terdapat di delam lensa. Berbeda ketika anda tidak mengubahnya. Maka yang terjadi adalah ring fokus berputar akibat mode auto dan sistem motorik di dalamnya akan bekerja.

7. Bongkar pasang dengan Teliti

Untuk menghindari kerusakan mounting lensa dan kamera, usahakan setiap kali bongkar pasang posisi lensa dan body kamera haruslah presisi. Perhatikan titik kunci pada lensa dan body kamera, serta jangan lupa menekan tombol kuncinya.


Sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi anda semua dan Terima Kasih
Tag : FOTOGRAFI
1 Komentar untuk "7 Tips Merawat Lensa Kamera Tetap Awet dan Bebas Jamur"

mantap tipsnya gan.. makasih . sukses terus
power supply hp

Back To Top