Cara Mempercepat Proses Charge atau Pengisian Baterai Smartphone Android

COPYCARA – Inovasi selalui dikembangkan oleh semua orang didunia demi revolusi tercapainya kesejahteraan, ini dibuktikan dengan adanya berbagai macam teknologi terbaru saat ini. Kita dapat menikmati akses internet lebih cepat dan nyaman, selain itu saat ini kemajuan sudah dapat anda rasakan sendiri manfaatnya dan dampak lainya dari kemajuan dibidang teknologi.


Selain itu untuk sekarang ini sudah muncul berbagai macam perangkat ponsel pintar atau yang sering orang bilang smartphone, sebenarnya smartphone ada bermacam-macam dari android, iphone dan lainya yang pasti memiliki kelebihan dan kekuranganya sendiri-sendiri. Namun kebanyakan yang sering dipakai adalah smartphone android, ini dibuktikan dengan maraknya produsen dan pengguna android yang dari waktu ke waktu semakin meningkat.

Kita dapat memainkan berbagai aplikasi ataupun game yang dapat anda mainkan dan instal di smartphone android anda dengan mudah, adapun spesifikasi hardware yang dimiliki smartphone android bisa terbilang cukup bagus untuk kalangan ponsel pintar. Maka tak heran banyak produsen hp dengan pembuatan paling banyak smartphone android, mengingat harga yang ditawarkan untuk satu buah smartphone android masih terbilang cukup murah dibandingkan dengan smartphone jenis lainya.

Harga yang murah dan permintaan pasar yang banyak sehingga saat ini maraknya smartphone berbasis android, adapaun kelemahanya yaitu yang sering dikeluhkan oleh pengguna android yaitu ketika baterai smartphone android cepat hapus. Yang pasti mereka sangat terganggu dengan kondisi tersebut, karena sebenarnya smartphone android memiliki kemampuan kinerja yang lumayan tinggi sehingga membutuhkan daya baterai yang tinggi pula.

Memang pada dasarnya smartphone android memiliki fungsi yang hampir sama dengan sebuah komputer, sama halnya komputer yang dapat melakukan berbagai macam perintah. Android pun juga sama namun belum bisa menyamai komputer dalam hal efisien kerja, hal ini menjaid faktor mengapa baterai android cepat boros

Faktor lainya adalah meningat layar sentuh pada smartphone android yang terbilang lebar dan yang pasti akan membutuhkan banyak daya baterai, jadi semakin lebar layar maka akan semakin cepat menghabiskan daya baterai. Kemudian dari kelemahan tersebut maka produsen hp khususnya untuk membuat inovasi dengan membekali smartphone android dengan baterai yang memiliki kapasitas lebih, tujuanya untuk menutupi kelemahan yaitu cepat habisnya daya baterai.

Cara Mempercepat Proses Charge atau Pengisian Baterai Smartphone Android

Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya baterai pada hp android secara keseluruhan memiliki kapasitas daya baterai yang lumayan besar dan rata-rata bisa bertahan hingga 6 sampai 12 jam. Namun ketika anda memiliki baterai dengan kapasitas besar, maka tentu saja akan berpengaruh pada waktu pengisian daya baterai, secara garis besar semakin besar daya baterai maka semakin lama pula proses pengisian baterai tersebut.

Nah tentu saja hal tersebut sangat menyita waktu anda untuk mengisi ulang, waktu yang dibutuhkan biasanya sekitar 3 jam untuk mengisi penuh baterai. Untuk mengatasi masalah pengisian baterai yang lambat maka anda dapat mencoba alternatif berikut ini supaya baterai dapat terisi dengan cepat tanpa mengalami kerusakan.

1. Matikan Smartphone Ketika Di Charger

Pertama yang harus anda perhatikan anda perlu mematikan smartphone anda, pastikan bahwa anda tidak hanya mematikan layarnya saja melainkan mematikan total dengan menekan tombol power hingga dalam keadaan mati.
Kapasitas daya baterai jelas akan sangat berpengaruh pada kegiatan smartphone itu sendiri, selain itu ketika smartphone tidak dalam keadaan hidup meskipun sudah mati laranya, namun nyatanya jika tidak dimatikan dari tombol power maka smartphone tersebut akan terus beroperasi untuk menjankan program diluar aktivitas anda.

Selain itu tidak sedikit aplikasi yang memakai mode otomatis untuk membuat smartphone dapat terhubung dengan internet secara otomatis dan memberikan pembaruan berita lebih update, selain keuntungan menggunakan mode otomatis online maka akan mempengaruhi daya baterai yang secara garis besar akan sangat merugikan jika anda mengisi sambil mengaktifkan mode tersebut. Supaya anda dapat mengisi smartphone dengan cepat maka anda pelru mematikan smartphone dengan menekan tombol power yang biasanya terletak dibagian pojok kanan bawah smartphone android. Hal ini akan lebih cepat dibandingkan anda mengisi baterai tanpa dimatikan.

2. Manfaatkan Mode Pesawat

Selajutnya untuk membuat baterai dapat terisi dengan lebih praktis dan cepat, anda perlu menggunakan mode pesawat pada ponsel anda. Pernahkah anda terpikir bahwa mematikan ponsel ketika re-charging merupakan hal yang tidak biasa, mengingat jika ada Pesan dari media sosial anda yang biasanya akan otomatis dikirim melalui pemberitahuan.

Nah untuk membuat smartphone jadi lebih cepat dalam proses pengisian, dan anda tidak mau melakukan cara nomer satu, maka bisa melakukan cara ini dengan menggunakan mode pesawat atau airplane mode supaya ponsel anda dapat tetap terhubung dengan internet namun tetap mempercepat pengisian karena kita hanya menerima pemberitahuan ketika kita menormalkan mode terlebih dahulu. Cara ini dapat mempercepat proses pengisian daya baterai hingga 12% dari biasanya, tentu saja ini merupakan cara yang wajib anda coba sendiri.

3. Ketika Pengisian Baterai Hindari dari Ruangan Panas

Faktor lain yang dapat memperlambat pengisian baterai adalah anda meletakanya ditempat yang pengap dan panas, nah pastikan anda meletakan smartphone ketika pengisian di tempat yang tidak panasa namun tidak lembab, misalnya saja diatas meja dan jangan diletakan dibantal.
Tahukah anda bahwa baterai smartphone jenis Lithium-Ion yang memiliki prinsip kerja dimana ketika baterai jenis tersebut memiliki suhu disekitanya yang dingin maka akan memiliki kinerja yang lebih baik. Begitu sebaliknya jika suhu panas maka tidak baik untuk kelangsungan baterai tersebut, maka pastikan ada tempatkan ditempat yang benar ketika hendak mengisi baterai smartphone android.

Cara pengisianya hampir sama dengan pengisian biasanya, namun bedanya ketika anda hendak mengisi baterai pastikan bahwa anada sudah melepaskan casing bagian belakan pada smartphone, cara ini akan mempercepat pengisian baterai HP android, oh ya untuk suhunya kira-kira yang bagus sekitar 25 drajat Celcius saja.

4. Pakai Charger Original dan jangan Gunakan USB Port

Pada langkah ke empat yang pelru anda perhatikan adalah tentang penggunaan charger pada saat anda melakukan pengisian baterai, ini merupakan faktor yang sangat penting dalam cepat lambatnya baterai anda akan terisi. Jika anda dalam keadaan yang terdesak, dan anda memilih mengisi baterai dengan USB Port sedangkan anda juga membawa charger original, maka sangat tidak direkomendasikan mengisi dengan usb port. Alangkah lebih baik jika anda mengisi dengan menggunakan charger asli saja, jika USB port pada dasarnya akan lambat dalam mengisi dan pada Charger asli akan lebih cepat dalam mengisi baterai smartphone anda.

Produsen hp sudah memperthitungkan detail kebutuhan dan kinerja smarpthone yang mereka pasarkan, pastinya brand atau merek penjualan hp pastinya sudah memperhitungkan pengisian baterai. Dari seberapa besar tegangan yang dibutuhkan dan berapa besar aliran arus yang pas untuk perangkat ponsel tersebut, oleh sebab itu solusi terbaik dalam pengisian ulang adalah dengan menggunakan charger asli dari pabriknya.

Selain lebih cepat dalam pengisian, penggunaan charger original ternyata juga baterai akan lebih awet. Sedangkan pengisian baterai menggunakan USB Port justru akan membuat dampak negatif terhadap ponsel anda, contohnya pengisian akan menjadi lambat yang disebabkan kareja pengambilan daya melalui USB memiliki output yang kecil. USB port hanya memiliki arus sebesar 0,5 Ampere dan sebenarnya ada USB port dengan arus hingga 0,9 Ampere yang dapat dialiri. Namun sayangnya rata-rata usb port hanya memiliki 0,5 ampere saja, jadi memungkinkan anda jika mengisi baterai menggunakan usb port akan lebih lama.

Sedangkan untuk charger bawaan yang memiliki arus hingga 2 Ampere, tentu saja penggunaan charger bawaan lebih cepat karena arus yang dihasilkan juga lebih besar dari usb port. Maka mulai sekarang isi baterai anda menggunakan usb port asli pabriknya.

5. Lakukan Kalibarasi Baterai

Pada point ke lima yang banyak juga orang yang menyepelekan hal yang satu ini, biasanya mereka menggunakan baterai hingga benar-benar habis alias baterai tidak tersisa sepersenpun. Dengan menghabiskan daya baterai hingga tidak tersisa justru akan memperpendek umur baterai itu sendiri, akibatnya adalah dengan tidak maksimalnya ketika pengisian baterai.


Supaya terhindar dari hal tersebut sebenarnya cukup mudah, pastikan jika baterai tinggal tersisa paling tidak 5% maka sesegera mungkin anda langung mengisi baterai anda menggunakan charger asli. Jangan biasakan kehabisan daya baterai karena itu sungguh tidak baik, kemudian jika sudah melakukan pengisian. Pastikan anda melakukan Kalibrasi Baterai minimal sebulan sekali dengan rutin.

Sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi anda semua dan Terima Kasih

Tag : ANDROID
1 Komentar untuk "Cara Mempercepat Proses Charge atau Pengisian Baterai Smartphone Android"

Back To Top