Cara Memasukan Suara dan Musik di Adobe Flash CS3

COPYCARA – Flash tak hanya mampu digunakan untuk menangani objek-objek internal, namun juga mencakup pengolahan gambar atau foto dari file. Kemampuan ini memungkinkan kita untuk memanipulasi atau memberikan efek pada gambar-gambar yang sudah jadi. Dengan demikian, kita bisa memanfaatkan objek-objek yang sudah ada untuk kemudian diberikan sentuhan agar hasilnya lebih menarik.
Kemampuan menarik lainnya dari Flash adalah penyisipan suara atau audio ke dalam dokumen flash. Fitur ini memungkinkan kita untuk menghasilkan objek animasi yang lebih impresif, di mana kita bisa memadukan gambar, gerakan, dan audio. Format audio yang dapat digunakan sangat variatif, seperti mp3, wav, dan aif. Secara khusus, bagian ini menguraikan teknik-teknik pengolahan gambar dari file eksternal. Selain itu, juga dibahas mengenai pemanfaatan audio atau suara ke dalam animasi.

Berikut cara bagaimana cara memasukan suara pada Adobe Flash CS3 :

★Pertama kita buka program Flashnya.. disini kita menggunakan Adobe Flash CS3, buat document baru dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.


★Kemudian Klik library atau klik Crtl+L pada kyboard untuk membuka tab library.. gunanya adalah sebagai tempat file-file yang akan kita masukan nanti ke stage/bidang kerja..


★Kemudian klik File-import-Import to Library



★Setelah itu akan keluar seperti gambar diatas. Pilih file music yang akan dimasukan kemudian klik Open. Sedikit info music yang umumnya dipakai adalah yang berekstensi .WAV/MP3.


★Sekarang file musik yang dipilih tadi sudah masuk ke library..  Setelah music masuk ke library.. pada layer 1..klik kanan pada Timeline.. pilih Insert Keyframem, sedikit info mengenai besaran timeline yang akan dipakai disesuaikan dengan kebutuhan saja.. disini hanya sebagai contoh saya menggunakan timeline ke-4.

★Ok selanjutnya sekarang kita akan masukan music yang ada di library ke stage , caranya adalah dengan cara klik pada layer 1 antara timeline ke-1 dan ke-40, setelah itu klik file music yang ada di library kemudian drag ke stage/bidang kerja,  Jika benar  maka hasilnya akan nampak seperti gambar dibawah ini..


★Nah music telah berhasil dimasukan, Klik Crtl+Enter untuk test movie… Namun ini belum bisa dikatakan selesai 100% karena masih ada pengaturan yang wajib untuk diketahui.


Seperti yang Nampak pada gambar diatas yang saya lingkari merah.. disana ada beberapa setingan untuk music yang kita masukan tadi.

Pada Effect, jika diklik maka akan muncul pilihan dengan berbagai fungsi yang berbeda, berikut fungsinya :

✓None : tidak ada effect apa-apa.. (namanya juga none,heeee).
✓Left Channel : suara akan terdengar di speaker sebelah kiri saja.
✓Right Channel : suara akan terdengar di speaker sebelah kanan saja.
✓Fade Left to Right : suara akan terdengar dari speaker sebelah kiri ke sebelah kanan.
✓Fade Right to Left : kebalikan dari Fade Left to Right, yaitu suara akan terdengar dari speaker sebelah kanan ke kiri.
✓Fade In : volume akan semakin meningkat secara bertahap selama suara dimainkan.
✓Fade Out : volume akan semakin menurun secara bertahap selama suara dimainkan.
✓Custom : suara dapat diedit sesuai selera dengan menekan tombol edit.

Nah pada sync lain lagi, untuk lebih jelasnya baca penjelasan dibawah :

✓event : suara dimainkan terus sampai selesai namun dengan syarat jumlah frame adalah 1 atau jumlah frame sama dengan panjang suara.
✓start :  suara dimainkan sampai selesai.
✓stop : suara tidak dimainkan.
✓stream : suara akan dimainkan sesuai dengan jumlah maksimal frame di timeline.
✓Repeat : berapa banyak suara dimainkan tergantungan pilihan repeat yang dipilih.
✓Loop : suara akan dimainkan secara terus menerus.


Nah mudah bukan cara memasukan suara di adobe flash CS3. Sekian yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi anda semua dan Terima Kasih

Tag : KOMPUTER
2 Komentar untuk "Cara Memasukan Suara dan Musik di Adobe Flash CS3"

Back To Top